Please Wait

PENGERTIAN INDIKATOR ENGINE CHECK MENYALA


PENGERTIAN INDIKATOR ENGINE CHECK MENYALA

Semakin berkembangnya teknologi komputerisasi didalam dunia otomotif, sering kali membuat par penggunanya kebingungan seperti menyalanya indikator Engine Check dan artinya ada gangguan yang harus ditelusuri satu persatu. Bagi kalian para pengguna kendaraan bermotor janganlah panik apabila engine check menyala dan tiba-tiba membuat kendaraan anda berhenti. Karena hal tersebut merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres terjadi pada salah satu atau beberapa bagian yang terdeksi pada sistem computer sebuah kendaraan. Banyak penyebabnya, menurut pengamat otomotif masalah tersebut dapat diketahui setelah melakukan pengecekan satu persatu. Dan akan lebih baik lagi apabila dilakukan dengan menggunakan scanner, sehingga dapat diketaui semua penyebabnya.

 

Berikut ini beberapa penyebab yang sering mengakibatkan indikator engine check menyala, antara lain: adanya gangguan pada salah satu sensor yang tidak berfungsi dengan baik atau malfunction. Yang kedua adalah pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan tersebut. Penyebab selanjutnya ialah komponen ataupun sensor terkena percikan air atau genangan air pada saat melewati jalan basah/banjir. Penyebab yang terakhir yaitu sistem error atau sensor yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga indikator engine check menyala. Misalnya sensor air (flow meter), intake air temperature, oksigen, sensor MAF, sensor injector, sensor CKP ataupun masih banyak sensor yang bermasalah lainnya.

 

Untuk pembahasan mengenai pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai, biasanya kendaraan injeksi pada saat ini meminta bahan bakar dengan nilai oktan diatas 92. Seperti pertamax ataupun pertamax plus, lalu para pengguna dengan sengaja mengisi bahan bakar beroktan 88 sehingga masalah tersebut akan terjadi. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena pada knalpot atau exhaust manifold memiliki 2 sensor 02 (oksigen) yang berfungsi untuk mendeteksi kadar bahan bakar “rich” atau “lean”. Dan bahan bakar juga dapat merusak sistem sensor juga apabila pemakaian secara terus menerus yang tidak sesuai dengan ketentuan mesin kendaraan tersebut. Jadi sangatlah penting anda mengetahui informasi tentang mobil terlebih dahulu agar tidak salah dalam membeli mobil baru atau mobil second di pasaran.com, selamat mencari kebutuhan anda apapun dan dimanapun. Salam Pasarania!